Beberapa Fakta Unik Ibu Negara Indonesia

Beberapa Fakta Unik Ibu Negara Indonesia

Daftarpresidendunia.web.id – Kesuksesan seorang kepala negara memimpin bangsa gak bisa lepas dari dukungan orang-orang terdekat. Seperti peran keenam Ibu Negara Indonesia sejak merdeka hingga kini. Di balik ketatnya pengawalan dan protokoler istana, ternyata ada sekelumit fakta unik tentang keenam Ibu Negara Indonesia. Mulai dari jago nari hingga kehilangan cincin saat pelantikan Presiden, yuk simak kisah lengkapnya!

1. Soekarno kepincut Fatmawati yang jago menari
Ir. Soekarno, Presiden RI pertama, adalah sosok yang sangat menyukai kesenian. Kecintaannya terhadap seni inilah yang membuat Soekarno kepincut gadis muda asal Bengkulu yaitu Fatmawati.

Fatmawati muda adalah pemeran utama dalam Sendratari Rainbow yang kala itu dikenal juga sebagai ‘Poetri Kentjana Boelan’. Sendratari yang mengisahkan kisah gadis yatim piatu keturunan bangsawan itu dipentaskan di sanggar Monte Carlo.

2. Betah di perut ibundanya, Tien Soeharto dilahirkan setelah 12 bulan dalam kandungan
Cerita unik datang dari Ibu Negara Indonesia ke-2, Tien Soeharto. Jika normalnya bayi dilahirkan setelah berusia sembilan bulan di dalam kandungan, lain cerita dengan Tien Soeharto.

Beliau betah berada di dalam perut ibundanya, hingga menginjak 12 bulan dalam kandungan baru akhirnya dilahirkan. Kisah unik ini diceritakan oleh Siti Hardijanti Rukmana, atau yang akrab disapa Mbak Tutut, putri sulung Presiden Soeharto di blog pribadinya.

3. Sempat bekerja di rumah sakit, Ainun Habibie ternyata seorang Sarjana Kedokteran
Kisah percintaan Presiden RI ke-3, B.J. Habibie, dengan istrinya yang bernama Ainun telah menginspirasi banyak orang. Mereka dikenal sebagai sepasang yang sangat romantis hingga maut memisahkan.

Sebelum menjadi Ibu Negara, Ainun ternyata sempat menuntaskan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Berbekal gelar Sarjana Kedokteran kala itu, beliau sempat bekerja di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo di bagian perawatan anak.

Belum genap setahun bekerja, Ainun mengundurkan diri setelah dinikahi B.J. Habibie di tahun 1962 dan ikut pindah ke Jerman.

4. Sebelum resmi dinikahi Gus Dur, Sinta Nuriyah sempat trauma dengan nama “Abdurrahman”
Sinta Nuriyah Wahid, Ibu Negara Indonesia ke-4, menikah di usia yang terbilang muda. Beliau dipinang oleh Abdurrahmin Wahid atau Gus Dur di usia 20 tahun.

Ternyata ada kisah unik di balik romantika Sinta Nuriyah dan Gus Dur. Sebelum menerima pinangan Gus Dur, Sinta sempat takut karena terkenang traumanya dengan pria bernama Abdurrahman.

Usut punya usut, Sinta pernah dilamar oleh guru pesantren di usianya yang masih sangat belia yaitu 13 tahun. Sang guru tersebut juga bernama Abdurrahman.

Baca Juga : Beberapa Fakta Menarik Presiden Theodore Roosevelt

5. Siapa sangka, Ani Yudhoyono tomboi banget semasa kecil
Indonesia berduka pada awal Juni 2019 lalu. Kepergian seorang Kristiani Herrawati, atau yang dikenal sebagai Ani Yudhoyono, akibat penyakit kanker yang diidapnya menyisakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia.

Ibu Negara Indonesia ke-5 ini dikenal sebagai sosok yang tegas dan anggun. Ternyata, Ani Yudhoyono adalah sosok gadis tomboi semasa kecil. Beliau bahkan jago memanjat pohon mangga dan ceremai.

6. Cincin Iriana Jokowi jatuh ke jalan saat pesta rakyat pelantikan presiden tahun 2014. Wah, sudah ditemukan belum, ya?
Cerita unik juga datang dari Ibu Negara Indonesia ke-6 yaitu Iriana Joko Widodo. Bukan kisah percintaan atau kenangan masa kecil, cerita unik Iriana justru terjadi saat pelantikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014 silam.

Saat menaiki kereta kuda dalam gelaran pesta rakyat, cincin yang dikenakan Iriana jatuh ke jalan. Iriana sibuk melambaikan tangan pada masyarakat yang antusias menonton di sepanjang jalan, hingga gak sadar cincinnya jatuh ke jalan.

Setelah peristiwa itu muncul beberapa orang yang mengaku menemukan cincin milik Iriana yang jatuh saat pesta rakyat. Kira-kira, sudah ketemu belum, ya cincin Iriana Joko Widodo yang asli?

Related posts