Beberapa Pemimpin Negara Yang Dibunuh Secara Tragis

Beberapa Pemimpin Negara Yang Dibunuh Secara Tragis

Daftarpresidendunia.web.id – Seorang pemimpin politik merupakan orang yang memiliki pengaruh yang sangat besar atas orang-orang yang dipimpinnya. Jasa dan kontribusi yang mereka berikanlah yang menjadikan mereka memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap banyak orang.

Namun disamping itu, tidak semua orang yang mereka pimpin benar-benar menyukai sosok mereka. Bahkan banyak dari pemimpin politik yang menjadi korban pembunuhan di saat mereka masih berstatus sebagai seorang pimpinan politik. Berikut ini beberapa pemimpin politik di dunia yang menjadi korban pembunuhan.

1. Abraham Lincoln
Abraham Lincoln memiliki kontribusi positif terhadap negara yang ia pimpin, Amerika Serikat. Dia berkontribusi terhadap penghapusan perbudakan di Amerika Serikat dengan menyampaikan Proklamasi Emansipasi pada tahun 1862.

Niat baik beliau untuk menghapuskan perbudakan di Amerika Serikat ditentang oleh banyak pihak, terutama orang-orang yang memiliki budak. Pertentangan ini lah yang menjadikan Amerika Serikat pecah dan terjadi peperangan sipil.

Sampai pada akhirnya ia berhasil menghapuskan perbudakan lewat amandemen ke-13 Konstitusi Amerika Serikat. Namun, keberhasilan tersebut pula yang membuat Abraham Lincoln dibunuh oleh penentangnya.

2. Mahatma Gandhi
Mahatma Gandhi dikenal dengan bapak pembebasan India. Ia merupakan tokoh yang menentang kolonialisme Inggris di India.

Awal terbunuhnya Mahatma Gandhi adalah disaat Inggris melakukan politik pecah belah di India dengan menyatakan bahwa India harus menjadi 2 negara yang berbeda yaitu Hindu dan Islam.

Niat Inggris untuk memecah belah India berhasil dengan baik, sehingga terjadi pertumpahan darah antara Islam dan Hindu. Mahatma Gandhi pun berupaya untuk menyatukan Hindu dan Islam menjadi bangsa yang satu yaitu India. Keinginan Gandhi untuk menyatukan India inilah yang ditentang oleh Hindu garis keras. Akhirnya Mahatma Gandhi dibunuh pada tahun 1948 di halaman Birla House saat sedang berdoa.

3. John F. Kennedy
John F. Kennedy merupakan presiden Amerika Serikat yang berkontribusi terhadap pemberian dana Pendidikan dan bantuan ekonomi di wilayah pedalaman yang lebih besar.

John F.Kennedy menjadi korban pembunuhan pada tahun 1963. Ia meninggal setelah ditembak diatas mobil kepresidenan saat melakukan lawatan ke negara bagian Texas.

4. Benazir Bhutto
Benazir Bhutto merupakan perempuan pertama yang menjadi perdana menteri di Pakistan.

Meninggalnya Benazir Bhutto terjadi pada tahun 2007, saat sedang berkampanye di Rawalpindi dekat Islamabad. Penyebabnya adalah terjadinya serangan bom dan tembakan senjata saat Benazir Bhutto melakukan kampanye.

5. Anwar Sadat
Anwar Sadat merupakan Presiden Mesir yang membuat kebijakan Kontroversial dengan melakukan perjanjian damai dengan Israel.

Anwar Sadat ditembak sekelompok militer saat sedang menghadiri parade militer di Kairo pada tahun 1981.

6. Indira Gandhi
Indira Gandhi menjabat sebagai perdana menteri India selama empat masa jabatan. Dia juga anak dari Jawaharlal Nehru yang merupakan mantan Perdana menteri India

Sebagai seorang Perdana menteri wanita pertama di India, Indira Gandhi harus meninggal pada tahun 1984. Ia dibunuh di kediamannya oleh dua pengawal pribadinya.

Baca Juga : Beberapa Pemimpin Negara dengan Masa Jabatan Terlama

7. Liaquat Ali Khan
Liaquat Ali Khan menjabat sebagai perdana menteri Pakistan dari tahun 1947 sampai tahun 1951. Ia juga dianggap sebagai pendiri Pakistan modern oleh banyak pihak.

Masa hidup Liaquat Ali Khan harus berakhir pada tahun 1951, dimana ia ditembak sebanyak 2 kali di Company Bagh, Rawalpindi. Ia tertembak disana saat sedang melakukan pertemuan publik Liga Kota Muslim.

8. Faisal bin Abdulaziz Al Saud
Raja Faisal menjabat sebagai raja Arab Saudi dari tahun 1964 sampai tahun 1975. Raja Faisal berkontribusi terhadap penyelamatan keuangan Arab Saudi dan seorang raja yang pro Palestina.

Faisal bin Abdulaziz Al Saud meninggal setelah dibunuh oleh Faisal bin Musaid pada tahun 1975. Faktanya Faisal bin Musaid adalah keponakannya sendiri dan pembunuhan tersebut diduga aksi pembalasan atas kematian kakak Faisal bin Musaid.

9. Thomas D’Arcy Mcgee
Thomas D’Arcy Mcgee adalah orang yang berperan dalam mendirikan Konfederasi Kanada. Kematiannya sendiri terjadi pada tahun 1868, dimana ia dibunuh oleh Patrick J. Whelan di depan asramanya. Pembunuhah tersebut disebut-sebut sebagai pembunuhan yang bermotif politik.

10. Rafic Hariri
Rafic Hariri merupakan seorang perdana menteri Lebanon yang menjabat pada tahun 1992-1998 dan 2000-2004.

Kontribusi yang diberikan oleh Rafic Hariri adalah membangun kembali Beirut setelah hancur akibat munculnya peperangan sipil disana.

Rafic Hariri meninggal pada tahun 2005 oleh ledakan yang berasal dari bahan peledak yang berkekuatan sama dengan 1 ton TNT saat ia melakukan iring-iringan kendaraan di Beirut.

Militan Hizbullah diduga sebagai pelaku terbunuhnya Rafic Hariri.

Related posts