Fakta Menarik Tentang Presiden John F. Kennedy

Fakta Menarik Tentang Presiden John F. Kennedy

Daftarpresidendunia.web.id – Sebagai negara super power dan paling berpengaruh di dunia, Amerika Serikat memiliki tragedi sejarah yang panjang dan menarik. Salah satunya adalah kasus pembunuhan yang menimpa presiden Amerika Serikat ke-35, John F. Kennedy ketika sedang melakukan kunjungan kerja di Texas pada 22 Nopember 1963.

Tragedi ini mengguncang dunia dan dianggap sebagai salah sejarah terburuk pemerintahan Amerika Serikat. Kennedy merupakan sosok yang karismatik dan memiliki berbagai prestasi dalam hidupnya. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik kehidupan Presiden John F. Kennedy yang meninggal di usia 46 tahun.

1. Berhasil masuk militer berkat koneksi dari ayahnya
Pada bulan-bulan sebelum Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II, Kennedy berusaha mendaftar di militer, tetapi masalah usus dan punggungnya menyebabkan dia gagal dalam pemeriksaan fisik untuk sekolah calon perwira Angkatan Darat dan Angkatan Laut.

Namun, dengan menggunakan koneksi ayahnya, sang calon presiden masa depan diterima di Angkatan Laut pada Oktober 1941. Sebagai komandan PT-109, ia menjadi pahlawan masa perang setelah membantu kawan-kawannya selamat dari tenggelamnya kapal perang tahun 1943.

Jika anda ingin mendapatkan Informasi mengenai game online yang sedang populer dan saat ini banyak dimainkan di Indonesia, anda bisa langsung mengakses link url berikut ini http://www.guojochuanmei.com/ yang berisi segala macam informasi dan berita menarik yang sangat berguna bagi anda yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan.

2. John F. Kennedy merupakan seorang pemenang Pulitzer Award
Kennedy menulis buku pertamanya, “Why England Slept,” pada usia 22, dan pada 1945 ia menghabiskan beberapa bulan sebagai koresponden surat kabar untuk surat kabar William Randolph Hearst yang meliput konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa di San Francisco dan setelah Perang Dunia II di Eropa .

Pada tahun 1957, Kennedy didapuk mendapatkan hadiah penghargaan Pulitzer untuk “Profiles in Courage,” meskipun sejak itu muncul kontroversi mengenai seberapa banyak buku tersebut ditulis oleh orang lain, yaitu Theodore Sorensen.

3. Mendonasikan gajinya sebagai presiden untuk badan amal
Sebelum menjadi seorang presiden, John F Kennedy sudah sangat bergelimang harta. Kekayaan tersebut ia dapatkan dari warisan sang ayah, Joseph Kennedy yang merupakan invester paling berpengaruh di Wall Street.

Mengingat dirinya merupakan presiden Amerika Serikat paling kaya sepanjang sejarah sebelum dipecahkan oleh Donald Trump, Kennedy menyumbangkan seluruh gajinya untuk aksi amal. Hal tersebut ia lakukan bahkan ketika masih menjadi anggota kongres.

4. Kennedy memasang sistem rekaman rahasia di dalam Gedung Putih
Richard Nixon bukanlah presiden pertama yang merekam percakapan pribadi Gedung Putih. Pada musim panas 1962, Kennedy diam-diam memasang sistem rekaman di Ruang Oval dan Ruang Kabinet yang mentransmisikan rekaman ke tape recorder reel-to-reel di ruang bawah tanah Gedung Putih.

Sang presiden kemungkinan memasang sistem tersebut untuk membantunya dalam menulis memoar masa depannya. Rekaman itu kemudian menangkap banyak diskusi bersejarah antara Kennedy dan stafnya, termasuk diskusi selama Krisis Misil Kuba

5. Meski menentang Uni Soviet, Kennedy pernah mengusulkan misi bersama ke bulan
Meskipun Kennedy terkenal menantang Uni Soviet pada bulan-bulan pertama masa kepresidenannya untuk mendaratkan seorang pria di bulan pada akhir tahun 1960-an, pada bulan September 1963 ia memiliki kekhawatiran tentang biaya yang tinggi tentang program luar angkasanya.

Ia lalu mengusulkan untuk bermitra dengan Uni Soviet dengan sebuah ekspedisi bersama ke bulan. “Mengapa,” ia bertanya dalam sebuah pidato di Majelis Umum PBB, “haruskah penerbangan pertama manusia ke bulan menjadi masalah kompetisi nasional?

Baca Juga : Fakta Para Presiden Amerika yang Jarang Diketahui

6. Pernah mengalami sakit yang mengancam nyawanya hingga empat kali
Sejak usia muda, John F. Kennedy berjuang menghadapi berbagai masalah kesehatan, beberapa di antaranya tampak mengancam nyawanya. Sehingga, ia menerima ritual sakramental terakhir sebanyak empat kali: pertama pada tahun 1947, ketika ia jatuh sakit. saat bepergian di Inggris dan didiagnosis menderita penyakit Addison. Untuk kedua kalinya pada tahun 1951, ketika dia menderita demam yang sangat tinggi ketika di Jepang. Ketiga kalinya pada tahun 1954, ketika ia koma setelah operasi kembal dan terakhir kali pada hari pembunuhannya, pada 22 November 1963 di Dallas, Texas.

7. Presiden kedua Amerika Serikat terkaya
Dengan perkiraan kekayaan bersih sekitar $1miliar (dalam dolar hari ini) ketika ia menjabat pada tahun 1961, Kennedy telah lama memegang rekor sebagai presiden terkaya dalam sejarah AS. Pada tahun 2017, ia turun ke tempat kedua ketika Donald Trump — yang kekayaan bersihnya diperkirakan sekitar $ 3,5 miliar — mulai menjabat sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-45.

Itulah tujuh fakta menarik John F. Kennedy, salah satu presiden termuda Amerika Serikat yang meninggal dengan tragis.

Related posts