Biografi Presiden Lyndon Johnson

Biografi Presiden Lyndon Johnson

Daftarpresidendunia.web.id – Lyndon Baines Johnson adalah Presiden Amerika Serikat ke-36 setelah menggantikan Presiden John F. Kennedy, yang dibunuh. Sebelumnya, ia adalah wakil presiden terpilih Amerika Serikat pada 1960.

Nama Lengkap : Lyndon Baines Johnson
Alias : Johnson
Profesi : Birokrat
Tempat Lahir : Gillespie, Texas
Tanggal Lahir : Kamis, 27 Agustus 1908
Zodiac : Virgo
Warga Negara : Amerika Serikat
Istri : Claudia (Lady Bird) Taylor
Anak : Lynda, Lucy

Biografi Lyndon Baines Johnson

Johnson lahir pada tanggal 27 Agustus 1908, di Texas, Amerika Serikat. Ia berasal dari keluarga yang sederhana. Beruntung kedua orang tuanya selalu mendukung Johnson dalam dunia pendidikan, Ia merupakan lulusan dari Southwest Teachers College di San Marcos, Texas, dengan membawa gelar Sarjana. Pada tahun 1931, Johnson pergi menuju Washington D.C. dan bekerja sebagai sekretaris anggota kongres, Richard Kleberg. Segera talenta Johnson terlihat oleh Kleberg dan ia mulai ditunjuk sebagai pembicara dalam beberapa kongres kecil seperti gabungan kongres sekretaris di Capitol Hill. Kekuatan dan bakatnya sebagai pembicara telah membuatnya berhasil menjadi anggota senat pada tahun 1948.

Karir Johnson di dunia politik semakin menanjak. Ia menjadi salah satu anggota Partai Demokrat. Pada saat partai demokrat telah menguasai mayoritas kursi di pada pemilihan anggota kongres pada tahun 1954. Ia berhasil menjadi pemimpin termuda yang pernah memimpin kelompok mayoritas senat. Pada tahun1960, Johnson dengan berani mencalonkan diri sebagai calon presiden bersaing dengan John F. Kennedy sebagai calon dari partai demokrat. Pada akhirnya, John F. Kennedy keluar sebagai pemenang dan memilih Johnson sebagai wakilnya.

Sewaktu menjabat sebagai wakil presiden, Johnson mendapatkan tugas untuk mengembangkan program antariksa Amerika Serikat dan memimpin komite yang telah dibentuk oleh John F. Kennedy dalam usaha penghapusan diskriminasi rasial pada kegiatan dan anggota pemerintahan. Johnson kemudian diangkat sebagai Presiden Amerika Serikat pada tanggal 22 November 1963 karena Presiden John F. Kennedy telah terbunuh di Dallas. Ia ditugaskan untuk mengambil alih kepala pemerintahan dan melaksanakan sumpah jabatan di kantornya.

Karir Johnson sebagai Presiden Amerika Serikat terbilang mulus. Ia berhasil menciptakan ekonomi yang kuat dan beberapa kebijakan penting seperti penghapusan diskriminasi rasial pada tempat umum, pemerintahan, pemungutan suara, dan juga pada bidang hukum. Tetapi, dalam masa pemerintahannya ia juga tidak lepas dari kritikan terutama pada masalah keterlibatan Amerika Serikat dalam perang Vietnam (1955-1975).
Setelah masa jabatan Johnson berakhir, ia menghabiskan waktu pensiun di wilayah peternakan dekat San Antonio, Texas, dimana ia mulai tertarik dalam dunia peternakan. Pada tanggal 22 Januari 1973, Johnson mengalami serangan jantung pada saat berbaring tidur siang, dan pada sore harinya ia meninggal dunia.

Lyndon Johson adalah salah Presiden Amerika Serikat yang paling berpengalaman dan trampil dalam bidang politik. Ia telah meningkatkan taraf hirup warga negara Amerika Serikat.

Baca juga : Biografi Presiden Richard Nixon

PENDIDIKAN

  • Southwest Texas State Teachers College at San Marco

KARIR

  • Wakil Presiden Amerika Serikat (1960)
  • Presiden Amerika Serikat

Leave a Reply

Your email address will not be published.