Biografi Presiden Ronald Reagan

Biografi Presiden Ronald Reagan

Daftarpresidendunia.web.id – Ronald Wilson Reagan adalah presiden Amerika Serikat ke-40 yang memiliki masa jabatan pada 1981-1989. Sebelum itu, dia adalah gubernur California ke-33 antara tahun 1967 dan 1975 dan juga seorang aktor film, televisi dan radio. Pelajari lebih lanjut

Ronald Reagan merupakan Presiden Amerika Serikat ke-40 dan menjadi salah satu yang paling dikenang. Reagan adalah presiden dengan usia tertua saat terpilih, serta merupakan yang berumur paling panjang kedua setelah Gerald Ford. Ronald Reagan berusia 69 tahun ketika terpilih sebagai Presiden AS pada tahun 1980, dan berusia 73 tahun ketika terpilih kembali pada tahun 1984, serta hidup sampai usia 93 tahun. Ronald Wilson Reagan lahir 6 Februari 1911 di Tampica, Illinois.

Sebelum menjadi presiden, Reagan adalah President of the Screen Actors Guild dan bintang Hollywood. Ronald Reagan membintangi sejumlah film pada akhir tahun 1930-an hingga 1940-an dan juga menjadi bintang televisi sepanjang tahun 1950. Perannya di Hollywood telah membuatnya mendapatkan bintang di Hollywood Walk of Fame. Di Hollywood pula Reagan bertemu istri pertamanya, aktris Jane Wymann, dan istri keduanya yang kontroversial sekaligus dicintai, Nancy Davis Reagan. Pada tahun 1980, Ronald Reagan, yang juga merupakan gubernur ke-33 California berkampanye untuk meraih posisi Presiden Amerika Serikat untuk ketiga kalinya. Setelah usaha yang gagal pada dua pemilu sebelumnya, kesempatan ketiga menjelma menjadi sukses dan membuat Reagen terpilih sebagai presiden pada tahun 1980.

Baca juga : Biografi Presiden George W. Bush

Pada Maret tahun berikutnya, tak lama setelah pelantikannya, Reagan lolos dari upaya pembunuhan yang dilakukan oleh John Hinckley Jr. Tertembak di bawah lengan kirinya, hanya meleset sedikit dari jantung, Ronald Reagan dibawa ke rumah sakit untuk menjalani operasi. Setelah sembuh dari cedera, msekipun usianya yang sudah lanjut, Ronald Reagan kembali ke Gedung Putih dan menjalankan tugasnya selama delapan tahun ke depan dan terlibat dalam berbagai peristiwa penting. Beberapa di antaranya termasuk perang terhadap narkoba, skandal Iran – Contra, Perang Dingin, dan tentu saja “Reaganomics” atau kebijakan ekonomi Reagan yang dipandang banyak orang sebagai tidak biasa.

Ronald Reagan merupakan seorang komunikator mumpuni plus memiliki selera humor yang baik. Dia dijuluki sebagai “The Great Communicator” serta “The Teflon® President.” Yang terakhir adalah julukan yang diberikan kepadanya karena berhasil lolos dari berbagai masalah yang dianggap banyak orang merupakan situasi sulit. Ronald Reagan meninggal setelah berjuang selama satu dekade dengan penyakit Alzheimer pada tanggal 5 Juni 2004 di usia 93 tahun. Setelah upacara pemakaman kenegaraan, dia dikebumikan di California, di lokasi Ronald Reagan Presidential Library berada.

Sampai hari ini, Ronald Reagan tetap menjadi salah satu Presiden AS paling populer sebagaimana ditentukan oleh berbagai jajak pendapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.