Daftar Presiden Termiskin di Dunia

Daftar Presiden Termiskin di Dunia – Didunia ini terdapat beberapa presiden yang memiliki kekayaan dan bahkan ada juga beberapa presiden yang miskin di dunia. Berikut ini adalah daftar presiden termiskin yang ada di dunia

Daftar Presiden Termiskin di Dunia

1. Fernando Lugo
Fernando Lugo adalah mantan Presiden Paraguay yang menjabat pada 2008 – 2012. Ia memang terkenal dengan penampilannya yang selalu sederhana dan merakyat.

Padahal, saat memimpin ia tergolong sukses lho dalam membangun negara. Sebelum menjadi presiden, Lugo adalah seorang pastur sampai dijuluki dengan sebutan Pastor Kaum Papa. Bahkan, ia juga sangat dekat dengan rakyat miskin di Paraguay.

Tahun 2008, Lugo menolak gajinya sebagi presiden dan memberikan gaji untuk kepentingan rakyat.

2. Jose Pepe Mujica
Presiden Jose Pepe Mujica memang sudah terkenal dengan sebutan “The Worlds Humblest President”. Ia adalah mantan presiden Uruguay 2010 – 2015, yang terkenal akan kemiskinannya lho.

Semasa memimpin Uruguay, Jose dikenal sebagai sosok yang sederhana dan gemar bersedakah. Tak hanya itu, ia hanya menggunakan mobil VW keluaran 1987 sebagai kendaraan kepresidenan.

Bahkan, ia juga sempat menolak rumah mewah yang diberikan negara dan memilih tinggal di rumah pertaniannya yang jalannya masih tanah. Selain itu, 90% gajinya selalu ia donasikan untuk amal (saat itu sekitar Rp165 juta).

Baca Juga: Daftar Presiden yang Sangat Berpengaruh di Dunia

3. Hugo Chavez
Mantan presiden Venezuela tahun 1999 – 2013 ini juga cukup familiar di dunia.
Hugo sendiri ternyata berasal dari keluarga miskin. Bahkan, saat Hugo terpilih menjadi presiden, ia tetap hidup sederhana dan merakyat.

Ada kisah mengharukan tentang Hugo saat sakit sebelum ia meninggal, dikatakan Hugo pernah sangat ketakutan. Bukan takut untuk meninggal, melainkan ia takut meninggal sebelum menyelesaikan tugasnya.

4. Fidel Castro
Fidel Castro adalah presiden Kuba periode 1976 – 2008 (32 tahun). Fakta yang membuat orang banyak salut adalah ternyata gaji yang ia terima tiap bulan terbilang sangat sedikit, yaitu hanya sekitar Rp470.000.

Mirip dengan presiden miskin lainnya, Castro juga terkenal sebagai pemimpin dermawan. Bahkan, Castro pernah menampug korban banjir di dalam kantor kepresidenan lho.

5. Nelson Mandela
Siapa sih yang tidak kenal dengan Nelson Mandela? Nelson Mandela adalah presiden Afrika Selatan tahun 1994 – 1999. Selain itu, Nelson adalah tokoh dunia yang terkenal dalam pembebasan Afrika Selatan dari rasisme.

Saat menjabat sebagai presiden, Nelson rela gajinya dipotong untuk dipakai sebagai anggaran sosial lho. Ia juga memotong sepertiga gajinya untuk membantu anak-anak miskin di Afrika Selatan. Bahkan, ia berhasil membayar hutang negara dengan gajinya lho.

6. Rafael Correa
Presiden termiskin selanjutnya merupakan seorang ekonom bergelar PhD (doctor) dari University Of Illinois USA. Walaupun menghabiskan waktu cukup lama di Amerika, nyatanya tak mengubah prinsip Rafael.

Rafael tetap pada prinsipnya yang anti neoliberalisme. Presiden Equador tahun 2007 – 2017 ini terkenal akan kesederhanaannya. Pada 6 April 2013, ketika APBN Equador terancam devisit, ia mengeluarkan kebijakan untuk membekukan pembayaran gaji pejabat tinggi dan presiden selama dua tahun.